Tuesday, September 04, 2007

Ujian Tengah Semester

"Gak bisa saya, Bu...", ujar seorang siswa kepada saya. Saya terkekeh melihat mimik mukanya - antara mengeluh, malu, namun masih tersenyum-senyum. Maklum, ujian tengah semester sedang dilaksanakan di SMA Lazuardi sejak hari Senin, 4 September 2007, sampai hari Kamis, 6 September 2007. Sebenarnya soal-soal yang diujikan dalam ujian ini sudah diberikan kepada para siswa. Tapi, sudah sewajarnya jika tingkat kesulitan antara latihan soal biasa dengan soal ujian berbeda.

Sebenarnya kunci untuk sukses dalam ujian adalah kreativitas. Tapi, bukan kreativitas dalam mencontek, loh! Kreativitas yang dimaksud di sini adalah kreativitas dalam proses belajar serta kreativitas dalam menghadapi masalah. Ambil contoh, mencatat dengan menggunakan Mind-Map® , mengingat dan memahami konsep dengan menggunakan singkatan, atau pun berlatih membolak-balik rumus.



Skema Mind Map yang ampuh untuk mencatat
dan meningkatkan kinerja otak


Untuk orangtua di rumah, jika anda dapat menemani anak belajar maka hal ini akan menjadi motivasi bagi anak. Memang, kadang anak usia SMA tidak ingin terlalu 'diurusi', tapi anda pasti tahu bagaimana cara menghadapi anak anda. Luangkan waktu anda untuk sekedar bertanya tentang pelajaran apa yang ananda peroleh hari ini. Gunakan nada suara yang bersahabat dan penuh canda. Jika ia mau, biarkan ia memberi presentasi kecil tentang hal-hal yang ia pelajari kepada anda dan hargai usahanya. Awalnya mungkin canggung untuk sebagian di antara kita, namun keterlibatan aktif orangtua dalam kegiatan belajar anak InsyaAllah adalah aksi konkret dalam mengemban amanah, yaitu mengasuh ananda tercinta.

No comments: