Wednesday, August 01, 2007

Belajar itu Menyenangkan!

Beberapa hari yang lalu saya membaca kata-kata menarik di dashboard angkot yang saya tumpangi. Aslinya dari Bahasa Jawa, begini pesannya:

Awan sekolah,
Bengi Sinau,
Kapan Dolane?


Artinya begini:
Pagi sekolah
Malam belajar
Kapan mainnya?


Sebenarnya sederhana. Tapi ternyata stiker lusuh itu membuat saya tergelitik untuk merenungi kegiatan belajar siswa-siswi di SMA Lazuardi GIS.

Serta merta saya pun ingat pada salah satu buku yang pernah saya baca sebelumnya: Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Kunci dari mengajar dengan menyenangkan adalah mampu memompa motivasi siswa. Dengan begitu mereka akan tergerak untuk mengikuti pelajaran dan memperoleh manfaat dari apa yang mereka pelajari. Inilah tantangannya untuk saya dan rekan-rekan. Setiap hari selalu saja disibukkan dengan memikirkan metode apa yang akan dipakai dalam mengajar. Metode tersebut tentunya harus orisinil, menceriakan suasana serta mampu mengantarkan siswa untuk memahami materi yang diberikan.



Playing soccer after school? Why not?

Belajar itu penting, tapi yang terpenting adalah belajar dengan menyenangkan. Seperti ujar-ujar dari Peter Kline:


"Learning is Most Effective when it's Fun"


1 comment:

Habsyi said...

duhh,, dulu aje ane kena SP,,