Monday, November 20, 2006

INITIATION CAMP ANGKATAN V


September 2006 lalu siswa-siswi Angkatan V SMA Lazuardi GIS mengikuti Program Tahunan Initiation Camp. Disebut Initiation Camp (Kamp Pendewasaan) karena di sinilah siswa-siswi Lazuardi belajar beradaptasi dengan masyarakat, belajar menerapkan pengetahuan bersosialisasi yang didapat di sekolah, belajar bergaul dengan cara yang santun dan Islami, serta mempelajari kehidupan yang lain dari kehidupan mereka sehari-hari.

Initiation Camp kali ini diadakan di dua buah desa indah,Ciwidey dan Citalahab,kabupaten Ciwidey, sebuah kota kecil berhawa gunung di Selatan Bandung. Desa Ciwidey memiliki pertanian palawija dan peternakan sebagai sumber penghasilan utama, sedangkan Desa Citalahab menjadi unik dan sangat romantis karena produk utama mereka adalah buah strawberry.

Selama 4 (empat) hari siswa-siswi Kelas XI SMA Lazuardi GIS tinggal bersama host (induk semang) masing-masing di desa, dan bekerja sesuai dengan pekerjaan sang induk semang. Menyiangi tanaman daun bawang, memetik strawberry dan mengemasnya untuk dibawa ke Bandung, menjadi pedagang di pasar yang harus bangun pukul dua pagi untuk berbelanja stok barang, memasak di usaha catering setempat, menguleni adonan untuk membuat krupuk, menggoreng dan kemudian membungkusnya,menjaga toko sembako, bekerja di bengkel dan sebagainya.

Pengalaman yang sama sekali baru ini ternyata menjadi kenangan tak terlupakan. Banyak siswa yang malahan ingin waktu program diperpanjang hingga 10 hari bahkan 2 pekan...tapi tak mungkin, karena sudah waktunya untuk kembali ke bangku sekolah, kembali bergelut dengan matematika, fisika dan akuntansi, kembali berseragam dan kembali menjadi pelajar sejati. :))

Menurut para siswa, Intiation Camp adalah program pendidikan akhlak yang paling diminati dan paling ditunggu-tunggu...waaahhhhh....si penggagas program ini jadi terharu mendengarnya....senang sekali mendengar bahwa ternyata selain dapat menghaluskan budi pekerti dan akhlak siswa-siswi Lazuardi, Initiation Camp ternyata juga disukai, bukan dibenci dan dibosani seperti kebanyakan program bermuatan akhlak lainnya....

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
array said...

aduh, seneng banget. Saya juga pernah ngikutin acara serupa tapi sayangnya pas saya masih kuliah dulu di almpung, di SMA nggak ada.Emang ni acara, asyik banget. Kita jadi tahu keadaan masyarakat di sekitar kita, dan lebih bisa untuk menghargai orang lain. Keep continue this program ok. Kalo saya diundang? How really glad i am to hear that.